Bisnis Knalpot Purbalingga Yang Mendunia

Contoh Produk Knalpot Buatan Purbalingga
Purbalingga merupakan salah satu kabupaten kecil di Provinsi Jawa Tengah. Terletak di kaki gunung tertinggi di Jawa Tengah (Gunung Slamet), tak banyak orang yang mengenal kabupaten ini. Namun siapa sangka kabupaten ini adalah produsen knalpot terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis ini berawal dari bisnis rumahan yang kemudian menjadi bisnis besar bahkan beromzet miliaran. Salah satu tempat penghasil knalpot ini adalah Dusun Pesayangan, Kecamatan Purbalingga Lor. Kurang lebih 70 persen warganya menggantungkan hidup dari bisnis ini. Knalpot yang dihasilkan pun sangat variatif, berkualitas dan mampu bersaing di pasaran baik nasional maupun internasional. Pemasoknya pun tidak main-main, karya putra Purbalingga ini dipasok untuk knalpot kendaraan militer panser produksi PT Pindad. Selain itu, knalpot ini sudah masuk ke pabrikan seperti Suzuki, Toyota, Daihatsu dan juga di ekspor ke Jerman dan Dubai bahkan dipakai oleh pabrikan sekelas Mercedes-Benz.

Bagi anak muda zaman sekarang, otomotif adalah hobi yang dapat memberikan keuntungan secara finansial. Bisnis knalpot sekarang tidak hanya digeluti oleh orang dewasa saja, bahkan anak sekolah pun bisa meraup keuntungan dari bisnis ini. Tidak ada kata terlalu dini untuk sukses, pemuda sukses adalah tulang punggung negeri ini. Dengan mengandalkan handphone dan media sosial, mereka dapat memasarkan produk ini hingga ke seluruh penjuru tanah air. Mereka biasanya menjual dengan sistem orderan, ketika ada konsumen yang memesan mereka kemudian mengambil produk langsung dari produsen untuk dikirim ke alamat konsumen. Harga yang dipasarkan pun bervariasi mulai dari Rp 300.000 hingga jutaan rupiah sesuai jenis dan tipe knalpot itu sendiri. Bayangkan saja jika dalam satu bulan terdapat minimal 10 orderan dari konsumen, berapa omzet yang bisa didapat. Hasil penjualan tersebut juga dapat meringankan beban orang tua secara finansial, orang tua mana yang tidak bangga ketika melihat anaknya sukses dalam berbisnis. Berbisnis itu tidak serta merta menguntungkan diri kita sendiri saja namun orang-orang di sekitar kita juga dapat ikut merasakannya. Namun tidak selamanya bisnis itu selalu lancar, kadangkala kita masih mengalami beberapa kendala misalnya dalam hal mempromosikan knalpot ini kita harus bersaing dengan orang lain dalam bisnis yang sama. Lalu bagaimana tips untuk mempromosikan produk agar mampu bersaing dengan para kompetitornya?
Ralali Blogger Contest
Tips Mempromosikan Produk (Knalpot)
  1. Gunakan media sosial
    Buatlah gambar/video yang semenarik mungkin seputar produk Anda kemudian posting di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube, dll. Kenapa media sosial? Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, sebanyak 82 juta orang Indonesia adalah pengguna internet dan 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Tidak dipungkiri lagi bahwa di era digital ini media sosial sangat digemari oleh umat manusia dari yang muda hingga tua. Media sosial dinilai sangat efektif dan efisien untuk media promosi karena sangat mudah, cepat, dan murah.
  2. Tawarkan free shipping
    Dalam akuntansi dikenal dengan adanya FOB Shipping point (biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli) dan FOB Destination (biaya pengiriman ditanggung oleh penjual). Dengan menawarkan bonus pengiriman gratis (FOB Destination) biasanya akan mendatangkan lebih banyak konsumen karena mereka tentu akan memperhitungkan cost untuk membeli suatu produk.
  3. Garansi
    Garansi atau warranty merupakan surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kecacatan dalam jangka waktu tertentu. Konsumen akan sangat selektif dalam memilih suatu produk. Mereka tentunya akan mencari produk yang berkualitas dan bermutu. Garansi adalah salah satu strategi yang tepat untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut terjamin kualitasnya. Konsumen pasti lebih memilih produk yang bergaransi daripada produk yang tidak bergaransi.
  4. Diskon
    Diskon merupakan salah satu strategi bisnis yang sering digunakan oleh penjual untuk menarik pembeli agar mau membeli produk yang dipasarkan. Tidak dipungkiri lagi bahwa dengan menerapkan potongan harga, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli. Seolah-olah kita menebar gula pasti tak lama kemudian semut-semut akan datang. Kurva permintaan dalam perekonomian menunjukan ketika harga rendah maka jumlah permintaan atas produk yang ditawarkan akan meningkat, begitu pula sebaliknya.
  5. Bonus
    Anda dapat menetapkan minimal pembelian untuk mendapatkan fasilitas bonus. Misalnya, konsumen akan mendapatkan bonus 1 buah knalpot ketika membeli 5 knalpot dalam satu kali transaksi.

Selain tips diatas, Anda juga dapat join bersama ralali.com. Ralali.com adalah Online B2B Marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali B2B Marketplace menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya.

Kenapa Harus Ralali.com?
  • Anda dapat memiliki halaman website sendiri - Anda dapat memiliki halaman website sendiri sehingga Anda dapat mengatur produk-produk yang akan dijual. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan sistem manajemen transaksi dan pengaturan produk sesuai kebutuhan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara mengelola transaksi yang masuk karena transaksi yang masuk sudah termanajemen dengan baik dan akurat.
  • Jaringan luas ke seluruh Nusantara - Ralali.com akan menjangkau seluruh transaksi dari Sabang sampai Merauke. Dengan dilengkapi sistem yang canggih dan didukung dengan pilihan ekspedisi terpercaya akan memudahkan Anda dalam pengiriman produk ke penjuru negeri.
  • Promosi online dan pameran - Ralali.com akan membantu memasarkan produk-produk Anda baik melalui kanal online maupun melalui pameran industrial. Jadi disini Anda tidak bekerja sendiri, ralali.com juga akan ikut serta dalam memeperkenalkan produk Anda yang harapannya akan lebih dikenal oleh calon pembeli. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda, jadi jangan ragu untuk join bersama ralali.com.
Bagaimana Cara Join Ralali.com?

Form registrasi penjual
  1. Buka website ralali.com
    Anda dapat mengunjungi website ralali.com dengan mengunjungi link ini https://www.ralali.com/seller-registration.
  2. Akan muncul tampilan seperti gambar diatas
  3. Isi Nama, Alamat Email, dan Password Anda
  4. Pilih tipe usaha Anda
    Disini disediakan tiga pilihan yaitu reseller/perorangan, distributor, principle/manufacturer. Anda dapat memilih salah satu dari tiga tipe bisnis tersebut, jika Anda menjalankan bisnis knalpot perorangan maka pilih reseller/perorangan.
  5. Isi nama toko Anda
    Misal nama bisnis knalpot Anda adalah Perwira Knalpot, maka masukan Perwira Knalpot di kolom tersebut.
  6. Isi domain toko Anda
    Domain toko nantinya akan menajadi link halaman website Anda.
  7. Masukan nomor telepon/handphone Anda
  8. Pilih provinsi tempat bisnis yang Anda jalankan
    Jika Anda melakukan bisnis knalpot di Purbalingga, maka pilih Provinsi Jawa Tengah.
  9. Klik Buka Toko Sekarang
  10. Jika muncul seperti gambar di bawah ini berarti Anda berhasil mendaftarkan toko Anda di ralali.com.
  11. Verifikasi e-mail Anda
    Anda diminta untuk melengkapi data-data dan informasi mengenai kurs, data penanggung jawab, informasi pembayaram, dokumen pelengkap, dan alamat asal pengiriman.
  12. Simpan Data
  13. Selesai

Tunggu apa lagi untuk memulai Bisnis?

"Aturan paling sederhana dalam bisnis adalah jika kau mengerjakan hal yang paling mudah terlebih dahulu, maka kau sebenarnya telah membuat banyak kemajuan" - Mark Zuckerberg

#ralalib2bmarketplace
#sumpahpemuda

Sumber gambar: google.com

Berlangganan artikel baru via email:

47 Responses to "Bisnis Knalpot Purbalingga Yang Mendunia"

  1. mantap ulasannya. Saya baru tau kalo purbalingga ternyata penghasil knalpot kelas jempolan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat boss :D
      Terima kasih sudah kasih komentar :)

      Delete
  2. 👍👍👍👍
    👏👏👏

    ReplyDelete
  3. Lanjutkan. . Semoga semakin sukses. 👍👍👍 👏👏👏

    ReplyDelete
  4. kren gan lengkap banget infonya

    ReplyDelete
  5. hehe makasih infonya :D, update terus ya min

    ReplyDelete
  6. saya nga berbakat jdi otomotif...

    ReplyDelete
  7. thanks gan atas tipsnya, kapan" ane coba deh

    ReplyDelete
  8. saya juga pernah beli gan dari purbalingga hehe mantap

    ReplyDelete
  9. Keren lang, sekalian promosi biar Purbalingga tambah di kenal luar negeri ya :D

    ReplyDelete
  10. Menarik sekali Mas. Kebetulan saya juga berasal dari Purbalingga. Salam kenal. Kalau di Purbalingga kan belum banyak jasa pengiriman barang ya. Ralali ini mendukung pengiriman lewat apa aja?

    ReplyDelete
  11. Ekspedisi yang telah bekerja sama dengan Ralali.com sebagai berikut :

    SAP Express Reguler
    IJX Indah Jaya Express (Segera)

    ReplyDelete
  12. Oke Mas, terimakasih banyak nih.

    ReplyDelete
  13. Mantap informasinya, semoga makin maju dan berkembang industrinya

    ReplyDelete
  14. Wah boleh nih kapan2 order knalpot di purbalingga. Haha
    Mantab inpo nya gan

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih min infonya, semoga bisnis knalpot di purbalingga bukan cuma dikenal di purbalingga dan sekitarnya aja, semoga bisa dikenal di dunia otomotif internasional. walaupun produksi knalpot purbalingga dipakai oleh merk-merk otomotif kelas dunia, tapi sepertinya belum cukup dikenal di Indonesia sendiri.
    menurut mimin gimana caranya agar produk asli indonesia khususnya purbalingga ini bisa lebih dikenal di negara sendiri ? makasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas sih harus beli produknya mas wkwkwk

      Delete
    2. oh siap min sangat membantu wkwk (y)

      Delete
  16. Mantap. Semoga banyak yg tergerak memanfaatkan situs online buat usaha.

    ReplyDelete
  17. thanks buat artikelnya broo... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. saya gak bakat di otomotif. Kan cewek ya. Oke, moga sukses yaa

    ReplyDelete
  19. wahhh purbalingga kerennn ya...anak-anak mudanya kreatif dan bisa menghasilkan uang ^^ good luck lombanya. kalo ada waktu kunbal ya :)

    ReplyDelete
  20. Wah mantap nih infonyaa, kapan2 boleh lah yaa :D

    ReplyDelete
  21. Bagus emang kualitas dari knalpot purbalingga

    ReplyDelete