Apa itu USM PKN STAN?

Suasana Kampus PKN STAN
Apa itu USM PKN STAN?
Banyak yang bertanya apakah pendaftaran PKN STAN bisa melalui jalur SNMPTN/SBMPTN? Tentu saja tidak. Jadi, proses pendaftaran di Politeknik Keuangan Negara STAN itu berbeda dengan universitas-universitas yang ada di Indonesia. Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Agar bisa menjadi mahasiswa PKN STAN anda harus melalui ujian yang diberi nama USM PKN STAN. USM PKN STAN adalah ujian yang harus dilewati oleh pendaftar Politeknik Keuangan Negara STAN agar bisa diterima menjadi mahasiswa/mahasiswi PKN STAN. USM sendiri merupakan kependekan dari Ujian Saringan Masuk. USM PKN STAN terbagi menjadi 3 tahapan ujian, yaitu:
  • tes tertulis;
  • tes kesehatan dan kebugaran;
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD).
Untuk tes tertulis terdiri dari 120 soal Tes Potensial Akademik dan 60 soal Tes Bahasa Inggris (TBI). Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal TPA adalah 100 menit dan untuk soal TBI adalah 50 menit. Jadi, untuk mengerjakan 1 soal diperlukan waktu kurang dari 1 menit. Namun tidak usah khawatir kehabisan waktu karena menurut saya soal ini memang di rancang untuk tidak diselesaikan seluruhnya (terjawab semua). Untuk bisa lolos tahap ini anda harus mengerjakan dengan jawaban benar minimal 1/3 dari jumlah soal, misal soal TPA yaitu 120 soal maka anda harus benar minimal 40 soal begitu pula untuk TBI. Jika anda hanya bisa mengerjakan dengan jawaban benar 39 soal (untuk TPA) maka anda dipastikan tidak dapat lolos ke tahap selanjutnya, ini yang disebut sistem nilai mati.
Ketika anda lolos tahap pertama (tes tertulis) selanjutnya anda harus melewati tahap yang kedua yaitu tes kesehatan dan kebugaran. Dalam tahap ini yang perlu anda persiapkan adalah fisik anda. Tes kesehatan terdiri dari:
  • cek tinggi dan berat badan;
  • tes buta warna dan rabun jauh;
  • cek tekanan darah;
  • cek THT.
Tes kesehatan tersebut adalah yang saya lalui selama tes di Yogyakarta, karena tiap daerah biasanya ada yang tes nya berbeda. Kemudian apabila anda dinyatakan sehat maka anda diizinkan untuk lanjut ke tahap tes kebugaran. Dalam tes kebugaran anda harus mampu berlari selama 12 menit mengelilingi lapangan kemudian istirahat sejenak dan berlanjut untuk shuttle run. Kriteria yang dinilai dalam tes ini saya sendiri tidak begitu paham.
Pada tahun 2014 ketika saya mengikuti USM PKN STAN, untuk bisa diterima hanya sampai tahap ini saja ditambah tes wawancara, namun mulai tahun 2016 ada kebijakan bahwa USM PKN STAN ditambah Tes Kemampuan Dasar. Tes Kemampuan Dasar sebenarnya sudah diterapkan sejak tahun 2011 namun bedanya sebelum tahun 2016, TKD dilaksanakan pada akhir tahun kelulusan. Tes Kemampuan Dasar terdiri dari 3 materi soal yaitu:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelejensi Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Untuk soal TWK berkaitan dengan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI. Soal TIU berkaitan dengan kemampuan verbal, kemampuan numerik,kemampuan logika, dan kemampuan analisis. Kemudian soal TKP berkaita dengan integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Itulah yang dapat saya jelaskan mengenai Apa itu USM PKN STAN?, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia dibawah postingan ini.

Berlangganan artikel baru via email:

4 Responses to "Apa itu USM PKN STAN?"

  1. Bang, tes wawancara sudah ditiadakan atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tahun 2015 dan 2016 setau saya tidak ada, tapi tidak tahu memang akan dihilangkan atau tidak. CMIIW

      Delete