Kiat Sukses Rahasia Lolos USM PKN STAN

Ilustrasi
Kiat Sukses Rahasia Lolos USM PKN STAN. Hallo sahabat Infonessia, adakah diantara kalian yang tertarik untuk menjadi mahasiswa/mahasiswi PKN STAN? Ya, karena kali ini saya akan berbagi mengenai kiat sukses rahasia lolos USM PKN STAN. Seperti yang kita ketahui PKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Setiap tahun, perguruan tinggi ini selalu membuka pendaftaran  (kecuali ada kebijakan lain) untuk program Diploma baik DI, DIII, maupun DIV. Prosedur pendaftarannya disebut USM PKN STAN, untuk lebih tahu apa itu USM PKN STAN Anda bisa baca pada artikel Apa Itu USM PKN STAN?. Nah setalah mengenal PKN STAN dan ingin lolos USM PKN STAN berikut ini akan saya bagikan bagaimana kiat sukses rahasia lolos USM PKN STAN berdasarkan pengalaman yang saya alami pada tahun 2014 lalu. 

Kiat sukses rahasia lolos USM PKN STAN antara lain:

  1. Minta Restu Orang Tua
    Sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tua alangkah baiknya kita juga meminta restunya manakala akan melaukan suatu hal begitu juga untuk mengikuti USM PKN STAN. Pertama kali yang harus dilakukan adalah bertanya apakah diizinkan untuk mendaftar di PKN STAN karena akan sia-sia jika diterima di PKN STAN namun tidak diizinkan oleh orang tua. Jika sudah mendapat restu, mintalah do'a kepada orang tua agar dido'akan ketika menghadapi USM PKN STAN.
  2. Siapkan Berkas Pendaftaran Yang Dibutuhkan
    Jangan menganggap sepele ketika menyiapkan berkas pendaftaran jika Anda tidak mau disuruh pulang untuk mengambil berkas yang tidak lengkap. Berkas ini dibutuhkan ketika proses verifikasi berkas guna mencocokan dengan data yang kita input ketika pendaftaran online sebelumnya. Sebagai calon punggawa keuangan negara alangkah baiknya kita tertib dalam administrasi.
  3. Persiapkan Materi Ujian Tertulis
    Setelah lolos verifikasi berkas maka proses selanjutnya yaitu ujian tertulis. Yang perlu disiapkan untuk tahap ini yaitu materi tentang Tes Potensial Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Nah yang sering menjadi kendala bagi calon pendaftar biasanya adalah masalah waktu karena untuk mengerjakan total 180 soal hanya diberi waktu 150 menit. Maka dari itu, berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat namun benar. Berdasarkan pengalaman saya dulu, saya berlatih dengan mengerjakan soal yang sama berkali-kali hingga hafal kemudian dilanjutkan dengan soal yang berbeda. Setelah itu,simulasikan dengan waktu yang sesungguhnya diujikan hingga mendapatkan nilai yang cukup (lolos nilai mati).
  4. Persiapkan Fisik
    Tes kebugaran dilakukan setelah ujian tertulis, namun persiapkan saja sejak awal anggaplah kalian sudah pasti lolos ujian tertulis. Siapkan fisik kalian dengan berlari tiap pagi atau sore, berusahalah untuk lari selama 12 menit tanpa berjalan sedikitpun. Kemudian sesekali cobalah melakukan shuttle run.

  1. Datanglah Tepat Waktu
    Ujian tertulis biasanya dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat, maka datanglah sebelum jam 8 minimal 30 menit sebelum ujian. Tenangkan pikiran dan fisik sesaat sebelum ujian karena jika terlambat akan sedikit berpengaruh terhadap proses berfikir kita dan mengurangi waktu dalam mengerjakan soal.
  2. Kerjakan Soal Dari Yang Paling Mudah
    Dari SD mungkin kita sudah diajarkan untuk mengerjakan soal dari yang paling mudah terlebih dahulu. Kerjakan lah yang kalian anggap itu adalah jawaban yang paling benar kemudian jika sudah sampai soal yang terakhir hitungalah berapa soal yang kalian jawab, jika sudah dikira lolos nilai mati maka target kalian selanjutnya adalah meningkatkan skor. Jika masih dianggap belum lolos nilai mati maka cobalah kerjakan soal hingga dikira sudah lolos nilai mati. Prinsip saya sebagai orang yang biasa-biasa saja (tidak terlalu pintar) yaitu yang penting lolos nilai mati, maka yang saya lakukan adalah menargetkan minimal 1/3 jawaban benar. Misalnya untuk 120 soal TPA, percuma saja mengerjakan 100 soal jika hanya benar 39 soal lebih baik mengerjakan 40 soal dan  benar 40 soal. Manfaatkan waktu untuk mendapatkan 1/3 jawaban benar.
  3. Berlari Secara Stabil
    Dalam tes kebugaran kita diwajibkan untuk berlari selama 12 menit namun untuk kriteria kelulusan saya sendiri kurang begitu paham. Maka, saran saya adalah berlarilah secara stabil (jangan sampai berjalan), jangan sampai pingsan, muntah, pusing, dll.
Itulah beberapa kiat sukses rahasia lolos USM PKN STAN berdasarkan pengalaman saya pada tahun 2014. Jika ada pertayaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Berlangganan artikel baru via email:

0 Response to "Kiat Sukses Rahasia Lolos USM PKN STAN"

Post a Comment