Uangmu Masa Depanmu

Masa depan cerah adalah impian semua orang, namun apakah cukup hanya dengan bermimpi dapat mewujudkan masa depan cerah? Ada kalimat mengatakan "bermimpilah setinggi langit, jika tak tercapai setidaknya kamu akan berada di jajaran para bintang." Ketika ada hasil pasti disitu ada proses, suatu mimpi yang terwujud pasti telah melalui proses yang cukup panjang dan tidak instan. Salah satu impian banyak orang adalah menjadi orang yang sukses dalam segala hal. Apa sih kriteria sukses itu? Banyak orang beranggapan bahwa orang sukses itu kaya, memiliki jabatan, punya mobil, dll. Ya, memang secara awam orang yang sukses dan berhasil identik dengan hal-hal tersebut yang tentunya ada rahasia dibaliknya. Salah satu rahasia orang sukses adalah mampu memanajemen keuangan dengan baik. Ada kalimat mengatakan "uang bukan segala-galanya, namun segala-galanya memerlukan uang." Orang sukses dianggap memiliki segala-galanya, yang berarti ada peran uang dibalik orang sukses.

Tahukah Anda bahwa angka kemiskinan di Indonesia masih tergolong tinggi?
Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan di Indonesia per Maret 2016 mencapai 28.005.410 jiwa atau sekitar 10,86 persen. Jumlah tersebut memang terlihat sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 28.513.570 jiwa atau 11,13 persen. Namun hal tersebut dirasa masih cukup tinggi untuk negara sebesar Indonesia. Salah satu hal yang mendasari kemiskinan di Indonesia sebenarnya adalah buruknya manajemen keuangan. Tidak dipungkiri lagi bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Kesalahan sekecil apapun dalam mengatur keuangan dapat berakibat fatal terhadap perekonomian.

Manajemen keuangan diperlukan untuk mengatur uang masuk, uang keluar, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan. Pentingnya manajemen keuangan adalah agar kita dapat merencanakan masa depan dengan uang yang kita miliki. Usia muda dianggap sebagai usia produktif, maka dari itu diperlukan sebuah perencanaan/planning terhadap uang yang kita miliki selagi masih muda. Misalnya, Anda menerima pendapatan bulanan Rp 8.000.000 yang diterima secara cash, bagaimana cara mengatur uang tersebut agar bermanfaat untuk masa yang akan datang? Yuk, Atur Uangmu! Berikut ini adalah cara mengatur uang agar bermanfaat untuk masa depan Anda.

Menabung
Sejak kecil kita sudah diajarkan bagaimana cara menabung yang benar hingga paham apa manfaat dari menabung. Dengan menyisihkan uang setiap hari atau setiap bulan, sekecil apapun uang yang kita tabung pasti lama-lama akan menjadi bukit. Semakin banyak tabungan Anda, semakin tenang dan leluasa pikiran Anda tentang uang sehingga Anda dapat rileks dalam mencari uang. Menabung bisa dikatakan sebagai benteng pertahanan dari krisis keuangan karena kita dapat menggunakan uang dari hasil menabung kapan saja dalam kondisi apapun. Janganlah mengeluh dengan gaji yang kecil, yang terpenting adalah seberapa besar uang yang kita tabung bukan seberapa besar penghasilan kita. Save your money!


Sebenarnya besar kecilnya penghasilan itu relatif, jika memiliki pola hidup boros maka berapapun uang yang dimiliki pasti akan selalu kurang namun jika memiliki pola hidup hemat tentunya uang sedikitpun sudah dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan. Relatif disini ditentukan akibat besar kecilnya pengeluaran terhadap uang tersebut, orang berpenghasilan 8 juta dengan pengeluaran 5 juta lebih baik daripada orang berpenghasilan 10 juta namun dengan pengeluaran 9 juta. Cara membatasi pengeluaran sebenarnya cukup mudah jika Anda mau mengubah pola hidup boros saat ini.
  1. Membuat anggaran bulanan
    Dengan membuat anggaran bulanan maka Anda bisa mengelola keuangan berdasarakan pemasukan dan pengeluaran. Seperti halnya APBN di negara kita, dalam anggaran bulanan yang dibuat nantinya akan terlihat bagaimana realisasi terhadap anggaran yang kita buat apakah surplus atau defisit. Yang saya sarankan saat menyusun anggaran yaitu buatlah anggaran surplus, jadi anggarkan penerimaan lebih besar dari pengeluaran.
  2. Catat setiap pengeluaran
    Dengan mencatat setiap pengeluaran maka Anda akan selalu mendapatkan update data pengeluaran tiap waktu. Hal tersebut dapat dijadikan alarm ketika realisasi pengeluaran sudah tidak sesuai dengan anggaran yang Anda buat.
  3. Membuat daftar prioritas kebutuhan
    Buatlah daftar prioritas kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Cara ini dinilai cukup ampuh dalam menghentikan pola hidup boros karena uang yang Anda keluarkan benar-benar untuk kebutuhan yang penting dan tidak dapat ditunda.
Investasi
Mungkin nilai uang yang kita tabung dapat menurun dikarenakan adanya inflasi, namun ada cara lain untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda yaitu dengan melakukan investasi. Menurut Sunariyah (2003:4): “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang." Anda dapat melakukan investasi dengan cara menabung di bank, deposito di bank, membeli saham, jual beli property, membeli obligasi, dll.

Misalnya, Anda menggunakan uang dari penghasilan untuk berinvestasi berupa pembelian saham. Keuntungan yang bisa Anda dapat dari investasi tersebut adalah berupa dividen baik uang tunai atau saham yang dibagikan kepada pemegang saham sebesar jumlah persentase kepemilikan saham Anda di perusahaan dikalikan dengan laba yang diperoleh perusahaan. Jika Anda memiliki 5 persen dari total kepemilikan perusahaan dan perusahaan memperoleh laba bersih Rp 100.000.000, maka Anda berhak mendapatkan dividen sebesar Rp 5.000.000. Namun, jika perusahaan mengalami kerugian tentunya Anda tidak akan mendapatkan dividen. Investasi memang beresiko, tetapi lebih beresiko jika tidak berinvestasi. Perlu Anda ketahui, orang sukses adalah orang yang berani mengambil resiko yang dihadapi.

Manfaat Asuransi
Asuransi adalah suatu perlindungan secara finansial untuk jiwa, properti, kesehatan, dan lainnya yang melibatkan pembayaran premi secara teratur sebagai pengganti polis atas jaminan yang diberikan. Anda harus memahami bahwa asuransi merupakan bagian dari manajemen risiko yang harus dipersiapkan dalam kehidupan baik sebagai proteksi diri, usaha dan lain-lain. Asuransi dapat digunakan untuk berjaga-jaga apabila Anda mengalami hal terburuk atas aset maupun jiwa Anda. Dalam hidup tentunya tidak akan selalu menjadi orang yang sehat selamanya ataupun untung selamanya, kadangkala kita diberikan cobaan berupa melemahnya kesehatan atau bisa juga kejadian yang menyebabkan aset kita rusak atau hilang. Sebagai orang bijak, manfaatkanlah jasa asuransi karena jiwa Anda lebih penting jika dibandingkan dengan uang yang Anda miliki. Tak ada orang mengalami kerugian karena asuransi, justru banyak orang rugi karena tidak memiliki asuransi.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Desember 2015 terdapat 137 perusahaan asuransi konvensional dengan rincian 76 perusahaan asuransi umum, 50 perusahaan asuransi jiwa, 6 perusahaan reasuransi,  3 perusahaan reasuransi wajib, 2 perusahaan asuransi sosial. Sinarmas MSIG Life merupakan salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat selama bertahun-tahun. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 dan sempat beberapa kali berganti nama, dari PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional Indonesia hingga sekarang bernama PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG atau lebih dikenal dengan nama Sinarmas MSIG Life yang kepemilikannya dikuasai 50 persen oleh PT Sinarmas Multi Artha Tbk dan 50 persen oleh Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd.

Pada akhir 2015, Sinarmas MSIG Life tercatat sebagai 10 besar perusahaan dengan aset terbesar di industri asuransi jiwa. Dalam perkembangannya, perusahaan ini sudah mencatatkan berbagai penghargaan bergengsi di bidangnya. Sinarmas MSIG Life sangat menyadari betapa pentingnya melindungi masyarakat Indonesia dari resiko-resiko yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.
finansial.bisnis.com/read/20150318/215/412948/sinarmas-msig-life-bidik-laba-tumbuh-25
Untuk mengetahui produk asuransi sesuai dengan tahapan kehidupan dapat Anda baca pada website Sinarmas MSIG Life di www.sinarmasmsiglife.co.id. Ada empat kategori produk asuransi dari SMiLe, antara lain:

  1. SMiLe Link 99
  2. SMiLe Link 88
  3. SMiLe Education
  4. SMiLe Pension
  5. SMiLe Multi Invest
  6. SMiLe Power Link
  7. SMiLe Prima
  1. SMiLe Link 99
  2. SMiLe Link 88
  3. SMiLe Super Sejahtera
  4. Dana Sejahtera
  5. Simas Power Link
  1. SMiLe Medical (as charged)
  2. SMiLe Medical (inner limit)
  3. SMiLe Hospital Protection
  4. SMiLe Personal Accident
  5. SMiLe Ladies
  1. SMiLe Medical Plus
  2. SMiLe Esci 99
Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai rincian masing-masing produk asuransi tersebut. Bagi Anda yang kepo mengenai rincian produk asuransi SMiLe, saya rekomendasikan untuk mengunjungi website resmi Sinarmas MSIG Life di www.sinarmasmsiglife.co.id.


Berlangganan artikel baru via email:

0 Response to "Uangmu Masa Depanmu"

Post a Comment